Like facebook kami

Sunday 31 May 2015

Mempertahankan dan mengembangkan usaha

Dalam berwirausaha membangun suatu usaha itu mudah, yang paling penting adalah keyakinan diri untuk mulai berwirausaha. Tetapi lain halnya dengan mempertahankan atau mengembangkan usaha. Saat baru membuka usaha, semangat kita menggebu-gebu. Namun ketika usaha kita mulai  diterpa angin, semangat kita semakin redup sehingga sering kali usaha kita tidak berkembang atau bertahan lama.

Hari ini akan saya berikan saran agar  usaha yang baru anda bangun bisa berkembang dan bertahan lama :

1. Berikan suasana baru
Pelanggan cenderung bosan dengan hal sama setiap hari. Oleh sebab itu rubahlah tatanan tempat usaha anda tiap seminggu/sebulan sekali. Rubah juga dekorasi, busana, hiasan ruangan dll dengan hal baru yang membuat pelanggan betah dan nyaman.

2. Tampil unik
Hal umum membuat orang mudah menebak apa yang akan kita sajikan kepada pelanggan, itu juga terkadang membuat pelanggan jenuh akan hal yang biasa dan umum mereka lihat atau mereka dapatkan. Berikan sesuatu yang unik pada pelanggan. Selalu carilah ide-ide unik yang dapat menarik minat pelanggan sehingga bukan hanya mempertahankan pelanggan tetapi juga menambah pelanggan kita.

3. Melayani dengan sopan
Terkadang pemiliknya sopan tapi pegawainya bikin hati gregetan sehingga membuat pelanggan enggan datang. Jika usaha anda sudah memiliki karyawan, sebelum memperkerjakan mereka tes lah cara berbicara dan kelakuan mereka. Banyak pelanggan kapok datang lagi karena pelayanannya yang kurang baik.

4. Berikan promo-promo menarik
Siapa sih yang gak suka diskon? siapa yang gak suka sesuatu yang gratis.hehe
Si A menjual barang dengan harga 1000 sedangkan si B dengan harga 1200. Meskipun rumah si A jauh tapi pelanggan akan tetap membeli di si A.
Ya begitulah 2015, Perbedaan harga sangat dicari hahaha
Berikan pula hadiah kecil dengan pemebelian minimal, semua orang suka diberi hadiah tapi jangan lupa juga memperhitungkan keuntungan dan kerugiannya.

5. Jual dengan banyak cara
Banyak yang usahanya gulug tikar karena mereka hanya mengandalkan berjualan dengan 1 cara contohnya berjualan di tempat biasa sehingga pelanggan atau pembeli hanya terbatas orang biasanya. Carilah ide bagaiamana usaha anda bisa dijangkau banyak orang. Misalkan sebarkan brosur, pasanag iklan di internet, jual sevcara online dll.

Sekian terima kasih

By Klenting kuning



No comments:

Post a Comment