Like facebook kami

Wednesday 19 August 2015

Wirausaha bermodal keterampilan

Ingin berwirausaha tapi gak punya modal, masih sekolah, mengganggur dan tidak memiliki penghasilan terus apa di urungkan aja niat berwirausahanya? Jangan dong.
Kata pepatah "Jika ada niat pasti ada jalan". Seperti pada artikel sebelumnya Sukses tanpa modal bahwa membuka sebuah usaha tanpa modal sangatlah tidak mungkin. Modal bisa diartikan dalam banyak hal loh, bukan hanya materi tetapi juga tenaga dan otak. Jika kita tidak memiliki modal uang maka manfaatkan tenaga dan otak kalian untuk membangun sebuah usaha.

Contoh usaha bermodalkan ketrampilan :

1. Aksesories dari kain perca

Kain perca adalah kain sisa jahitan yang biasanya sudah tidak dipakai oleh penjahit. Terkadang dibuang begitu saja oleh penjahit. Kita dapat meminta kain perca di penjahit-penjahit yang ada disekitar tempat tinggal kita. Ada yang membrikan secara cuma-cuma, ada pula yang minta timbal balik alias uang. Kalau memang tidak mau modal uang, tanyakan terlebih dahulu kepada penjahitnya apa kain tersebut boleh kita minta cuma-cuma. Setelah itu buatlah aksesories sesuai dengan ketrampilan yang Anda punya. Jika memang tidak punya ketrampilan dalam membuat aksesories, Anda bisa mencari tutorialnya di google kemudia terapkan. Kalau cuma bicara kayaknya gampang banget ya.hehe
Tapi saya menulis ini berdasarkan pengalaman kok. Saya tidak memiliki ketrampilan dalam membuat bros,pita dan aksesories lainnya. Tetapi saat itu saya ingin mengubah uang 15.000 (uang satu-satunya yang saya mliki) menjadi lebih banyak. Karena malu meminta kain perca ke penjahit, akhirnya saya belikan kain flanel dan mencari baju-baju bekas yang sudah sobek. Saya belajar merangkai kain-kain tersebut dari tutorial yang ada di google. bisa Anda pelajari di Cara membuat bros dari kain perca.

2. Menulis di blog

Menulis cerita atau novel kayaknya rumit ya, harus kirim ke penerbit dan banyak tahap-tahap lainnya. Kalu menulis di blog? Bukan hanya kita membagi ilmu, mengekspresikan diri tetapi juga bisa mendapatkan penghasilan. Caranya bisa Anda baca di 10 cara mendapatkan uang dari blog .

3. Menjadi reseller

Bermodal ketrampilan marketing alias pandai menjual barang membuat kita mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus menyetok barang. Kita hanya perlu mencari distributor barang atau supliyer. Berarti butuh modal uang buka rekening dong? Butuh hp dan koneksi internet? Kalau memang tidak ingin mengeluarkan modal uang sama sekali, Anda bisa mencari distributor/supliyer yang mau menerima jasa kita untuk menjualkan barang mereka secara offline. Misalnya saja si A menjual berbagai macam kerudung/hijab dalam jumlah yang banyak. Agar hijab yang ia jual cepat terjual, maka ia menerima anak sekolah,ibu rumah tangga atau siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan. Ini adalah peluang kita untuk bisa mendapatkan uang tanpa perlu modal uang sama sekali. Dari keuntungan berjualan itu dapat Anda kumpulkan kemudian membuka sendiri bisnis Anda.

4. Tukang pijit/pijat

Aduh malu lah jadi tukang pijit. Eh jangan salah, jasa pijat sekarang sudah banyak di promosikan melaui media sosial. Tetapi jangan membuka jasa pijat plus-plus ya. hehe
Bukalah jasa pijat sesuai dengan jenis kelamin Anda. Jika Anda pria maka bukalah jasa pijat khusus pria. Anda bisa membuka jasa pijat dirumah dan mempromosikannya ke orang sekitar ataupun melalui media sosial,

5. Teknisi listrik atau teknisi handphone

Jadi teknisi modal pengalaman bisa loh. Kita bisa belajar dar keluarga,teman,google,media sosial dll. Setelah ketrampilan tersebut sudah kita kuasai kita bisa membuka jasa perbaikan HP atau alat elektonik lainnya. Mintalah uang dimuka sebagai modal kita untuk membeli beberapa alat atau bahan yang kita butuhkan untuk memperbaiki elektronik tersebut.

Dan masih banyak lagi usaha yang dapat anda jalankan dengan mengandalkan keterampilan yang Anda punya. Bisa membuat boneka dari koran bekas, membuat kotak kado dari kardus bekas, jasa pengetikan, jasa marketing,  dll.

Selamat berwirausaha ya

Salam sukses ^_^

by Ayu Rahayu (Klenting Kuning )





No comments:

Post a Comment