Like facebook kami

Saturday 30 May 2015

Wirausaha pilihan tepat di tahun 2015

Persaingan di bursa tenaga kerja akan semakin meningkat menjelang pemberlakuan pasar bebas Asean pada akhir 2015 mendatang. Ini akan mempengaruhi banyak orang, terutama pekerja yang berkecimpung pada sektor keahlian khusus. Oleh sebab itu wirausaha adalah pilihan yang tepat agar kita dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia.Terkadang lulusan SMA/SMK di sepelekan oleh atasan atau oleh orang yang lebih tinggi pendidikannya karena SMA/SMK dianggap kurang memiliki pengetahuan dalam bidang pekerjaan. Oleh karena itu anak SMA/SMK mulai dini diajarkan cara berwirausaha. Mereka di didik untuk menjadi wirausaha muda yang dapat membantu ekonomi masyarat Indonesia yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan untuk rakyat Indonesia. Sehingga dapat mengurangi pengangguran dan mencegah banyaknya pengangguran.
Namun tak jarang mereka yang baru mulai berkarir itu pun kerap meragukan diri sendiri dengan alasan masih miskin ilmu dan pengalaman. Alhasil tidak sedikit dari mereka yang ragu mencoba sejumlah peluang, apalagi berbisnis.Opini-opini seperti itu tentu saja tidak benar. Karena para fresh graduate memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dipunyai karyawan lama. Beberapa kelebihan tersebut juga membuat mereka bisa lebih fleksibel untuk berwirausaha. Dengan sulitnya mencari kerja di zaman ini, kelebihan-kelebihan itu pun wajib dimanfaatkan. 

Berikut ini alasan kenapa wirausaha adalah pilihan yang tepat di tahun 2015 ini :

1. Persaingan kerja semakin ketat

Mencari kerja sesuai keahlian atau pendidikan kita tidak mudah. Misal kita sekolah jurusan administrasi belum tentu kita dapat bekerja di kantor. Apalagi dengan adanya MEA (Masyarakat ekonomi ASEAN) atau pemberlakuan pasar bebas ASEAN akan menambah persaingan kerja.

2. Yang sudah mapan karirnya pun, tidak selalu mapan kelangsungan hidupnya

Lihat Nokia, Blackberry, Sony, dst…. perusahaan raksasa sekelas merekapun limbung, melakukan pemangkasan besar-besaran jumlah karyawannya. Tidak tanggung-tanggung, pengurangan hingga puluhan ribu (lebih dari 25%). Kalau sudah begini, tidak berani resign pun, minimal para pegawai harus mulai memikirkan jika kena PHK . Karena jika sudah telanjur di PHK tapi tidak punya planning apa-apa,  bisa habis nanti pesangonnya (kalo dapet pesangon) buat mikir2 nyari ide aja. Artinya, keamanan pekerjaan semakin rapuh jaman sekarang. Ya kan?

3. Wirausaha menjanjikan hasil tak terbatas, dalam arti, hasilnya tergantung seberapa keras dan cerdas usaha kita, dengan ijin Allah. Kuncinya cuma pada ketekunan dan kesabaran. Pantang menyerah. Masih gak pengen wirausaha?

4. Wirausaha menjanjikan kebebasan, kualitas hidup yang lebih baik, kehidupan tanpa pensiun. Maksudnya meskipun kita sudah tua atau bukan usia kerja tapi kita masih bisa mendapatkan penghasilan dari usaha kita

5.  Wirausaha bisa diwariskan. 

Status PNS? mana bisa diwariskan ke anak cucu kita sedangkan wirausaha dapat kita ajarakan dan wariskan turun temurun ke anak cucu kita.


Sekian terima kasihSalam sukses
by Klenting kuning 


No comments:

Post a Comment