Like facebook kami

Saturday 30 May 2015

Cara tepat memulai usaha

Banyak orang yang ingin berwirausaha tapi terkendala dalam hal modal sehingga akhirnya memutuskan melupakan keinginan itu. Hal itu terjadi karena kita ingin langsung membuka usaha dengan modal besar dan mendapatkan untung besar seketika sedangkan sukses dalam berwirausaha tidak bisa langsung kita peroleh hanya dalam beberapa hari. Mungkin ada beberapa orang yang dapat mengembangkan usahanya dalm beberapa hari/minggu tapi tidak banyak alias jarang.

Bukan hanya terkendala modal, seringkali kali kita melakukan kesalahan saat pertama kali memulai usaha kita. Karena terlalu yakin jika usaha kita berhasil, kita meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Percaya diri boleh tapi harus tetap hati-hati. hehe
Tidak sedikit orang yang mengeluarkan modal puluhan juta tapi tidak mendapatkan keuntungan sama sekali karena usahanya langsung gulung tikar. Pastinya kita tidak mau kan seperti itu.

Berikut tips untuk anda yang baru memulai usaha anda :

1. Tetap bekerja
Jika anda ingin mulai berwirausaha jangan anda tinggalkan pekerjaan anda sebelumnya. Mungkin sulit melakukan 2 pekerjaan sekaligus tapi jika anda membangun usaha sambil tetap melakukan pekerjaan anda sebelumnya, suatu saat jika usaha anda tidak berjalan lancar maka anda masih punya penghasilan atau pemasukan untuk membuka usaha lainnya lagi. Namun jika anda langsung meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya kemudian usaha anda tidak berjalan lancar maka anda kebingungan, Bukan hanya bingung karena tidak punya penghasilan tetapi juga tidak memiliki pekerjaan. Jadi tetap pertahankan pekerjaan anda sebelumnya. Sambil melakukan pekerjaan kita, jalankan usaha dan kembangkan dengan mencari atau belajar kepada orang-orang yang sudah sukses dalam mengembangkan usaha mereka.

2. Pilih usaha dengan modal kecil
Bagi wirausaha muda yang baru saja memulai usaha tentunya belum punya pengalaman tentang cara melakukan dan mengembangkan usahanya. Oleh sebab itu pilihlah usaha dengan modal kecil dulu karena tidak mustahil usaha dengan modal kecil tersebut akan membawa anda mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Usaha dengan modal kecil cenderung lebih mudah dikelola sehingga tidak menggangu pekerjaan utama kita saat ini. Misalnya berjualan pulsa.

3. Pastikan penghasilan dari usaha anda lebih dari cukup
Sebelum kita meninggalkan pekerjaan utama kita dan beralih ke usaha kita. Cermati dulu apakah penghasilan dari usaha kita sudah cukup membantu memenuhi kebutuhan kita. Dan apakah jika kita meninggalkan pekerjaan utama kita tidak akan berpengaruh buruk pada kehidupan kita. Jika sudah benar-benar yakin, tinggalkan pekerjaan anda dan berwirausahalah. Kembangkan usaha anda dan jadilah seorang entrepreneur. ^_^

Salam sukses

By klenting kuning

No comments:

Post a Comment