Like facebook kami

Friday 5 June 2015

Wirausaha untuk umum

Bekerja adalah kebutuhan semua manusia. Tanpa bekerja kita tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari kita. iya kan? Namun banyak hal yang membatasi kita sehingga kita tidak dapat bekerja atau mendapatkan penghasilan seperti orang pada umumnya. Contohnya :

1. UMUR
Semakin lama manusia akan semakin tua. Faktor inilah yang membuat manusia tidak dapat bekerja seperti orang umumnya. Usia yang sudah sangat tua mengharuskan mereka berhenti bekerja sedangkan kebutuhan mereka tidak dapat dihentikan. Pada faktanya sekarang ini  masih banyak orang tua yang sebenarnya sudah harus berhenti bekerja tetapi masih memaksakan diri untuk bekerja bahkan mengemis untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan anak-anak mereka.

2. KETERBATASAN FISIK
Tidak semua orang terlahir dengan fisik sempurna. Ada juga yang lahir dengan fiisk sempurna tapi karena suatu kejadian menyebabkan ia tidak memiliki fisik sempurna misalkan kecelakaan. Hal ini sering kali membuat orang yang keterbatasan fiisk tersebut kecil hati atau bahkan frustasi dengan hidupnya. Bukan hanya di ejek orang sekitarnya tetapi juga sulit mendapatkan pekerjaan.

3. SAKIT 
Hampir semua perusahaan mewajibkan tes kesehatan bagi karyawannya sehingga bagi yang memiliki penyakit memungkinkan tidak di terima di perusahaan tersebut. Jika hanya flu atau penyakit biasa mungkin masih bisa dimaklumi.Tapi jika orang tersabut menderita penyakit turunan atau penyakit yang suka kambuh misal penyakit jantung maka perusahaan tidak dapat mentoleri hal itu. 

4. KURANGNYA LAPANGAN KERJA
Salah satu penyebab banyaknya pengangguran adalah kurang tersedianya tenaga kerja. Hal ini menyebabkan kita harus lebih unggul dari orang lain agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Ada istilah siapa cepat dia dapat.

5. JENIS KELAMIN
Banyak lowongan kerja yang pada bagian tertentu hanya membutuhkan laki-laki atau perempuan. Sehingga kita tidak dapat bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan karena dikhususkan.


Contoh keterbatasan diatas sering tidak dapat kita atasi sehingga membuat kita tidak mendapatkan pekerja diperusahaan atau tidak mendapatkan penghasilan. Jawaban dari keterbatasan tersebut adalah wirausaha. Wirausaha tidak di khususkan untuk beberapa orang saja. Wirausaha diperuntuknya untuk semua kalangan,semua umur,,tidak ada syarat harus perempuan atau laki-laki dan dapat dikerjakan oleh semua orang. Berikut penjelasannya
1. UMUR
Kita masih anak-anak, muda ataupun sudah tua, kita diperbolehkan untuk berwirausaha tanpa harus bingung memfikirkan syarat-syarat untuk bekerja. Semakin dini kita belajar/membuka usaha semakin cepat pula kita sukses. Begitu juga dengan orang yang sudah lanjut usia, perusahaan mengharuskan kita pensiun sedangkan uang pensiun tidak dapat mencukupi kehidupan di masa tua kita apalagi yang tidak mempunyai pekerjaan yang memberikan mereka uang pensiun. Wirausahalah yang harus kita lakukan. Fisik yang tidak sekuat saat kita masih muda dapat kita manfaatkan untuk membangun sebuah usaha yang tidak membutuhkan tenaga yang banyak. Misalnya membuka toko, ternak ayam/bebek/ikan dll.

2. KETERBATASAN FISIK
Banyak penyandang cacat yang memiliki kemampuan lebih dibanding orang normal namun tetap tidak dapat bekerja disuatu perusahaan karena syarat-syarat tertentu. Sedangkan berwirausaha tidak membatasi seseorang dengan syarat-syarat tertentu yang membuat kita calon wirausahawan menyerah untuk berwirausaha. Sudah banyak contoh para penyandang cacat yang karirnya bisa sukses dengan berwirausaha cotohnya Habibi Afsyah yang sukses berwirausaha online.

3. SAKIT
Penyakit yang sering kambuh membuat kita tidak fokus bekerja atau malah tidak dapat bekerja. Melamar pekerjaan kesana kemari namun ditolak karena riwayat penyakit kita. Dengan berwirausaha bukan hanya kita dapat mengdapatkan penghasilan untuk mengobati penyakit kita namun kita mempunyai waktu lebih banyak untuk beristirahat agar penyakit kita bisa segera sembuh atau tidak kambuh lagi.

4. KURANGNYA LAPANGAN KERJA
Kurangnya lapangan kerja dan diberlakukannya sistem outsourching membuat para pekerja kesulitan mendapatkan pekerjaan. Dalam 3bulan/1 tahun para pekerja harus melamar atau mencari pekerjaan lagi. Namun apakah sampai tua kita seperti itu? Dengan berwirausaha kita tidak perlu khawatir dipecat dari pekerjaan,pensiun atau tidka mendapatkan penghasilan. Wirausaha tidak ada pensiun, tidak ada sistem outsorching dll. Wirausaha juga dapat diwariskan ke anak cucu kita. 

5. JENIS KELAMIN
Jual sayuran boleh laki-laki dan jual batu akik boleh perempuan, apa pernah anda melihat wirausaha yang hanya boleh dikerjakan laki-laki atau hanya boleh dikerjakan perempuan? Yang ada kita hanya malu sehingga kita tidak mau mencoba dan kemudian muncullah perkataan "pekerjaan itu hanya cocok untuk perempuan atau pekerjaan itu hanya untuk laki-laki". Benar bukan?


Masih belum tertarik dan mencoba berwirausaha?

Kunjungi juga Wirausaha pilihan tepat

Salam sukses

By Klenting kuning ^_^

No comments:

Post a Comment