Like facebook kami

Monday 20 July 2015

Tips usaha counter pulsa agar tidak gulung tikar

Berjualan pulsa memang terdengar biasa dan mungkin tidak begitu banyak menguntungkan. Kenapa dibilang kurang menguntungkan? Hal itu terjadi karena managemen keuangan yang buruk atau kurang baik.
Berjualan pulsa memang mendapatkan keuntungan 300-1000 rupiah setiap satu kali transaksi. Itupun kita membutuhkan pulsa untuk melakukan transaksi. Ada pengeluaran tak terduga seperti salah nomor, pulsa tidak masuk dll yang membuat keuntungan tipis semakin menipis. hehe
Berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang baru memulai usaha berjualan pulsa ataupunyang sudah menjalankan namun belum mendapatkan keuntungan lebih.

1. Sediakan buku untuk pembukuan keuangan

Banyak wirausahan muda tidak menulis berapa keuntungan dan pengeluaran mereka sehingga managemen keuangan mereka kurang bagus yang menyebabkan keuntungan tidak kunjung tampak/naik. Oleh sebab itu sediakan buku untuk mencatat berapa saldo pulsa yang keluar setiap harinya, keuntungan yang diperoleh, dan pengeluaran pulsa untuk transaksi.

2. Pilih agen pulsa yang murah, transaksi cepat dan komplain segera ditanggapi

Ini adalah hal utama yang mempengaruhi bertahannya pelanggan pulsa kita. Jika kita memilih agen pulsa yang menjual pulsa dengan harga lebih mahal maka itumembuat kita menjual pulsa dengan harga mahal pula sedangkan pembeli pada umumnya memilih penjual yang menjual pulsa dengan harga terjangkau/murah. Kecepatan transaksi juga mempengaruhi hal tersebut, karena jika pulsa masuknya lama maka pembeli akan terus menerus komplain dan akhirnya jera untuk membeli pulsa di counter kita. Oleh sebab itu surveylah ke beberapa agen pulsa, lihat mana yang lebih murah dan transaksi cepat.

3. Pilih operator pulsa dengan bonusan sms melimpah

Setiap kali transaksi kita membutuhkan pulsa bukan? Oleh sebab itu pakailah operator pulsa dengan bonusan melimpah dan jarang trobel. Pakailah 2 nomor berbeda operator sehingga apabila salah satu trobel bisa kita gunakan nomor satunya.

4. Tegas kepada pembeli yang suka hutang

Inilah yang membuat beberapa counter pulsa gulung tikar. Penjual/pemilik counter merasa tidak enak jika tidak memberikan pinjaman pulsa kepada pelanggan mereka. Namun jika semua penjual seperti itu maka semua counter akan gulung tikar. hehe
Boleh saja memberikan pinjaman/hutang pulsa namun berilah tenggang waktu pembayaran misalnya dalam waktu 3hari sudah harus dilunasi. Dan jika sudah melewati masa tenggang waktu pembayaran namun belum membayar hutang juga maka jangan berikan pinjaman hutang untu kedua kalinya. Atau jika tidak ingin menanggung resiko, tegaskan kepada pembeli jika kita hanya menerima pembayaran pulsa cash.

5. Sediakan buku untuk menulis nomor

Salah nomor, pulsa tidak masuk, pulsa masuk lama, dll. Pembeli sering kali komplain tentang hal tersebut. Oleh sebab itu lebih baik sedikan buku agar pembeli menulis sendiri nomor yang akan mereka isi pulsa, Jangan mau jika disuruh menuliskan atau pembeli hanya mendiktekan nomornya karena jika pulsa tidak masuk/nomor salah maka penjuallah yang akan disalahkan. Kecuali pembeli yang memang matanya kurang awas/tidak dapat melihat jelas jadi memerlukan bantuan untuk menemukan nomor yang akan ia isi pulsa.

6. Simpan laporan pulsa sukses/gagal selama 2-3hari

Jangan hapus laporan pulsa karena tidak semua pembeli ketika pulsa tidak masuk langsung komplain, ada beberapa pembeli yang 1-2hari kemudian baru komplain sehingga membuat kita kebingungan. Mintalah web laporan ke agen pulsa/pakailah handphone yang inbox nya bisa menyimpan lebih dari 300 sms sehingga kita tidak harus langsung menghapus laporan transaksi pulsa,

7. Buat perbedaan

Pulsa sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat namun tak sedikit pula yang menjualnya karena tidak memerlukan modal yang besar. Jika kita hanya menjual seperti pada umumnya maka usaha kita akan biasa saja dan keuntungan juga tidak begitu banyak.
Buatlah perbedaan misalya :
a. Harga lebih murah
b. Pulsa cepat masuk
c. komplain cepat ditanggapi
d. Pulsa tidak masuk uang kembali (jika kesalahan penjual)
e. Berilah bingkisan saat lebaran, tidak harus mahal. Misalnya : kartu perdana

Sekian tips usaha ari klenting kuning. Semoga bermanfaat dan salam sukses ^_^

No comments:

Post a Comment