Like facebook kami

Sunday 23 August 2015

Bijak dalam membeli dan menggunakan barang

Setelah memperoleh pekerjaan dan menerima gaji pertama pastinya kita ingin membeli ini itu dong. Sebagian besar biasanya digunakan untuk membeli alat elektronik seperti handphone keluaran terbaru. Sebenarnya bukan benar-benar membutuhkan handphone baru tetapi hanya mengikuti tren. iya kan?

Padahal jika kita bijak dalam membelajakan uang kita, bukan hanya barang yang kita inginkan yang dapat kita beli tetapi juga menghasilkan uang.
Misalnya saja :

1. Beli handphone

Jika memang kita menginginkan handphone yang seperti digunakan para remaja jaman sekarang, belilah handphone dengan harga lebih murah namun memiliki aplikasi yang sama dengan handphone mereka agar uang kita ada lebihnya. Untuk lebihnya dapat kita gunakan untuk berwirausaha, misalnya saja sisa uangnya dapat kita gunakan untuk membuka rekening bank dan menjadi reller baju. Atau bisa juga untuk berjualan pulsa. Jadi handphone yang kita beli bukan hanya memenuhi keinginan kita, tetapi juga menjadi pendapatan untuk kita.

2. Laptop

Saya lihat anak muda disekitar rumah saya membeli laptop namun bukan karena membutuhkan melainkan karena temannya memiliki laptop juga. Laptop yang mereka beli hanya sesekali dipakai untuk main game karena pekerjaan mereka tidak memerlukan laptop. Mubazir bukan?
Jika kita memang ingin membeli laptop sedangakan pekerjaan kita tidak memanfaatkan laptop, maka carilah ide usaha sampingan yang menggunakan laptop dan tidak mengganggu pekerjaan utama.
Misalnya saja kita kerja dari pagi sampai sore, maka kita dapat membuka jasa pengetikan,jasa promosi atau jasa design.

3. Kulkas

Kalau dilihat dari segi kebutuhan, kulkas memang dibutuhkan untuk menyimpan makanan kita agar tetap segar. Tak jarang juga karena tanggal tua eh kulkas jadi gak ada isinya. hohoho
Daripada tanggal tua menyiksa batin, lebih baik jika memang ingin memiliki kulkas pikirkan dulu apakah benar-benar dibutuhkan? jika iya pikirkan lagi bagaimana caranya agar kulkas tidak kosong dan bukan hanya menjadi beban listrik kita.
Misalnya saja kita gunakan untuk menjual aneka macam minuman dan makanan dingin.

4. Sepeda motor

Lha ini dia, baru gaji pertama udah kredit motor. Yang difikiran kita adalah kita punya kendaraan untuk kemana-mana. Coba kita berfikir begini "Ini kerja masih ikut orang, suatu saat bisa dipecat, kalau nyicil motor mungkin 5-8 bulan bisa bayar, untuk selanjutnya belum tentu".
Dari fikiran itu kita dapat lebih bijak dalam membeli atau kredit, jika ingin punya kendaraan maka benar-benar manfaatkan. Jika tidak digukan untuk bekerja atau menganggur, daftar GOJEK kan bisa. Bisa bekerja sambil nunggu penumpang :D

5. Kamera

Musim selfie yah. :D. Beli hp canggih, beli kamera digital dll agar dapat mengabadikan moment indah kita atau agar bisa di unggah di media sosial. haha
Harga kamera digital pastinya ratusan bahkan jutaan, digunakan jika hanya ada moment penting seperti acara keluarga atau saat liburan. Setelah itu ya disimpan dilemari biar gak rusak, begitu kan?
Daripada hanya disimpan lebih baik gunakan untuk membuka jasa pemotretan, lebih bagus lagi beli printer sekalian buka cetak foto.

Lebih menguntungkan bukan jika kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan tetapi juga dapat penghasilan. Berfikir lebih maju yuk ^_^

Salam sukses by Klenting kuning (Ayu Rahayu)

No comments:

Post a Comment