Like facebook kami

Sunday 2 August 2015

From hobby to money

Setiap orang pasti memiliki hobi namun tidak semua orang dapat mengembangkan hobinya menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai pekerjaan atau melakukan pekerjaan yang merupakan bagian dari hobi. Pekerjaan yang dilakukan/ditekuni karena hobi akan membuat kita betah/krasan dengan pekerjaan kita. Setiap harinya lebih semangat bekerja, lebih semangat mencari rupiah. Tak sedikit pekerjaan yang dilakukan karena hobby menjadi berkembang pesat. Memang melakukan pekerjaan yang bagian dari hobi adalah impian setiap orang namun tidak setiap orang dapat mewujudkannya.

Teman saya memiliki hobi traveling. Setelah lulus Smk ia kuliah di jurusan pariwisata. Kini ia adalah seorang guide. Meskipun setiap hari ia harus pergi dari satu pulau ke pulau lainnya untuk menunjukkan betapa indahnya kota Indonesia kepada turis, namun ia sangat menikmatinya karena itu bagian dari hobinya. Saya juga suka berwirasata/traveling ke tempat-tempat wisata Indonesia tetapi itu bukan hobi saya jadi pasti saya akan cepat merasa lelah. hehe

Saya juga memiliki teman yang hobi membuat aksesories dari flanel,kain perca dll. Keuntungan dari menjual aksesories handmade tidaklah sebanyak keuntungan menjual aksesories grosir yang biasa di beli pasar grosir. Selain harus terampil,tekun dan sabar, membuat aksesories handmade harus teliti agar hasilnya bagus dan menarik. Kita juga harus bisa menyesuaikan dengan tren agar aksesories kita tetap laku terjual. Namun hebatnya temannya saya kini memiliki sebuah toko yang penuh dengan aksesories buatannya. Pesanan untuk souvenir nikah atau kado setiap hari ia terima.

Saya sendiri memiliki hobi menulis. Sejak saya SD saya suka menulis puisi,pantun,cerpen dll.Oleh sebab itu sekarang saya membuat blog agar hobi menulis saya bisa tersalurkan. Karena mengembangkan hobi bukanlah sulit namun tidak adanya kemauan mencobalah yang membuat hobi kita hanya sekedar menjadi sesuatu yang kita sukai tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Menyenangkan ya membaca cerita tentang orang-orang yang dapat mengembangkan hobinya menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bahkan menghasilkan uang. Tapi buat apa cuma membaca kisah hidup orang, cuma mendengar cerita hebat orang tentang hobinya. Yang lebih menyenangkan adalah mulai mengembangkan hobi Anda, mulai menjadikan hobi Anda sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang dan mulai mengolah kreatifitas Anda ^_^

Caranya?

1. Apa yang menjadi hobi anda? 
Misalnya saja memasak. Saat masih muda atau remaja memasak adalah hobi Anda kemudian saat Anda sudah menikah, memasak adalah rutinitas harian Anda. Kita lihat disini hobi Anda sudah tersalurkan atau berguna saat Anda menikah.

2. Bagaimana menjadikan hobi sebagai pekerjaan?
Hobi memasak memang berguna saat sudah menikah namun belum menghasilkan pundi-pundi rupiah. Yang harus Anda lakukan adalah mulai membuat satu atau beberapa makanan yang saat ini sedang menjadi topik pembicaraan atau memasak makanan yang di gemari oleh masyarakat. 

3. Bagaimana memasarkannya?
Setelah membuat beberapa makanan, mulailah mempromosikannya melalui sosmed atau dari mulut ke mulut. Berikan testi dengan memberikan contoh makanan yang dapat dicoba pembeli. 

4. Bagaimana mengembangkannya?
Untuk mengembangkannya Anda hanya tinggal menekuni pekerjaan tersebut,memberikan variasi atau hal-hal berkesan yang membuat pembeli datang kembali ke warung anda. 


"Bukanlah hal yang sulit untuk mulai menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Anda hanya perlu mencoba"

By Klenting Kuning 


No comments:

Post a Comment