Like facebook kami

Sunday 9 August 2015

Sukses TANPA modal

Mau sukses tanpa modal? emang bisa? Ya enggaklah. hehe
Loh gimana sih, judul artikelnya kan "sukses TANPA modal". Bukannya menipu ya, saya hanya ingin menjelaskan bahwa kesuksesan didapat bukan dari berpangku tangan tapi ringan tangan.

Jika tidak punya modal?
Modal apa nih maksudnya? Modal uang? Seperti pada artikel-artikel sebelumnya kita dapat membuka suatu usaha tanpa modal (uang) tetapi kita membutuhkan modal (kreatifitas). Pada artikel Bisnis parcel tanpa modal saya uraikan bagaimana caranya memulai bisnis parcel tanpa modal uang. Bukan berarti tanpa modal apa-apa loh ya, tetap butuh otak agar bisnis bisa berjalan dan butuh modal tenaga untuk merangkai parcelnya.

Terus gimana caranya membuka bisnis tanpa modal (uang).

1. Manfaatkan kreatifitas/bakat yang anda miliki

Setiap orang terlahir dengan bakat. Tidak mungkin seseorang tidak dapat melakukan apapun. Jika ada yang bilang ia tidak punya bakat, itu berarti dia orang malas karena tidak pernah mencoba sesuatu hal. Kita tidak akan pernah tau  bakat apa kita jika kita belum pernah mencoba melakukan/membuat sesuatu. Misalnya saja saya, saya tidak akan pernah tahu kalau saya bisa menulis sebuah artikel jika saya tidak pernah mencoba menulis.
Jika anda sudah tahu bakat/kretifitas apa yang anda punya, mulailah mengembangkannya dengan belajar kepada orang berpengalaman atau mencoba sendiri bakat yang anda miliki.
Misalnya saja bakat anda dalam hal mengemas barang, anda bisa mulai membuka usaha bisnis parcel. Anda bisa mempelajarinya di Bisnis-parcel-tanpa-modal.

2. Carilah modal

Tidak punya uang, tidak punya ide, malas bergerak ah ke laut aja deh. hehe
Jika kita tidak punya uang ataupun ide jangan hanya diam merenungi nasib kenapa tidak punya modal uang ataupun ide kretif. Bergegaslah bergaul dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dalam dunia bisnis. Tetapi jangan memaksa mereka untuk membagi ilmu mereka, jadilah teman mereka, ajak diskusi dan minta pendapat. Disini kitalah yang membutuhkan ilmu dari mereka, dan mereka bukan pelayan kita yang menuruti setiap permintaan kita. Jika kita memaksa, maka mereka tidak akan membagi ilmu mereka bahkan akan menjauhi kita.

3. Coba dan lakukan

Jika anda sudah mempunyai modal untuk membuka usaha (bukan berarti uang, bisa ide kreatif atau yang lainnya). Maka segeralah mencoba membuka usaha. Tidak ada usaha yang besar tanpa mencoba dan tanpa proses. Just Do It  !!!


By Ayu rahayu (K
lenting Kuning)

No comments:

Post a Comment