Like facebook kami

Friday 29 May 2015

Wirausaha di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan datang lagi. Yeyeyeyeye. 
Kurang dari sebulan lagi kita akan menjalankan rukun islam yang ke 4 yaitu puasa. Bulan Ramadhan yang penuh berkah serta pengampunan sangat di tunggu-tunggu oleh umat islam. Sebagai seseorang yang berjiwa wirausaha tentunya kita juga tidak ingin membiarkan kesempatan emas ini hanya untuk berdiam diri. Selain beribadah kita juga bisa meraup keuntungan di bulan Ramadhan ini. 

Bagi yang mau mencoba bisnis di bulan ramadhan nanti, siapkan sejak sekarang.

Lebih cepat, lebih baik. Berdasarkan pengalaman ramadhan tahun-tahun lalu,
usaha yang dimulai lebih awal, lebih banyak menuai keuntungan. ^_^


Berikut ini ada beberapa usaha yang dapat anda coba di bulan puasa ini :

1. Amplop lebaran
Amplop lebaran pasti dibutuhkan saat nanti Hari Raya Idhul Fitri. Bagamana tidak, memberi angpao atau uang jajan kepada keponakan sepertinya sudah menjadi kewajiban. hehe
Jika kita belanja dari sekarang, selain lebih murah juga lebih banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan.

2. Bahan pokok 
Kebutuhan masyarakat akan bahan pokok cenderung meningkat saat bulan ramadhan. Apalagi bahan pokok adalah hal utama yang pasti dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

3. Makanan dan minuman
Saat menjelang berbuka orang-orang sering berburu makanan atau minuman yang biasa mereka sebut nagbuburit. Saat bulan puasa makanan dan minumanlah yang pasti laris manis. Ini contoh usaha makanan yang dapat anda coba :
a. Es buah,es degan atau minuman-minuman yang manis dan menyegarkan
b. Kurma
c. Jajan gorengan/ camilan

4. Pakaian dan perakatan sholat
Siapa sih yang gak pengen baju baru dan alat sholat baru saat Hari Raya Idhul Fitri? 
Tentunya semua orang ingin mengenakan yang terbaik saat sholat Id. Tak jarang mereka membeli baru. Hal ini menyebabkan pesanan baju dan alat sholat meningkat. 

5. Kue Lebaran
Saat lebaran datang pasti keluarga besar berkumpul untuk saling minta maaf dan memaafkan. Tentunya tuan rumah harus menyiapkan jamuan atau hidangan seperti makanan ringan atau kue kering. 

6. Petasan/kembang api (Lupakan bisnis ini)
Sebenarnya cukup menjanjikan tapi menurutku itu hanya membahayakan diri sendiri dan pembeli. Bukankah dilarang ya berjualan petasan tapi masih banyak juga sih yang menjualnya. Cuma mereka  biasanya menjual yang efeknya tidak begitu bahaya tetapi tetap saja ada resikonya. Saya sarankan hanya dibaca saja untuk saran yang ini. hehe

7. Bahan bangunan
Selain ingin mempercantik diri kita, tentunya kita juga ingin rumah kita terlihat indah bukan. Tidak sedikit orang yang merubah warna rumah atau memperbaiki sisi rumah yang terlihat kurang bagus. Bahkan jauh-jauh hari sebelum lebaran orang-orang sudah mulai berbondong-bondong memperbaikinya. 

8. Ketupat
Meskipun sepertinya jadul tapi ramadhan tanpa ketupat bagai masakan tanpa bumbu. hehe
Ketupat pasti ada saat bulan ramadhan. Yang suka menganyam cocok nih buka bisnis ini. Kalau aku sih gak bisa. hahaha

9. Travel dan tiket
Saat lebaran pasti orang-orang mengadakan perjalanan ke rumah saudara atau tempat wisata. Bagi yang memiliki mobil enak ya bisa rombongan keluarga, bagi yang tidak memiliki mobil ya sewa travel dong. Begitu juga tiket, kalau lebaran pasti berbondong-bondong pulang kampung dong. Jauh sebelum lebaran pasti tiket sudah diserbu para pemudik.

Yuk mulai usaha dari sekarang agar lebih banyak meraup keuntungan.
Salam sukses ^_^

By Klenting kuning

No comments:

Post a Comment