Like facebook kami

Wednesday 10 June 2015

Bisnis sederhanaku (Intip yuk)

Dalam catatan kecilku tidak ada rencana untuk berwirausaha. Setelah lulus SMK aku ingin kuliah, bekerja di pabrik atau di toko. Namun takdir berkata lain. Kini aku mempunyai toko sederhana, tepatnya bukan toko tetapi etalase yang diletakkan di depan rumah. hehe
Awalnya aku menjual barang-barang counter seperti charger,headset, batrai dll. Kemudian aku merubahnya menjadi toko aksesories. Dan sekarang aku mulai menjual segala macam barang yang bisa dijual. Mulai dari baju, kerudung, aksesories, alat tulis, mainan anak-anak, pulsa, kue, es krim, ampolp lebaran, pengetikan dll. Setiap ada peluang, aku selalu berusaha melakukannya. Karena jika aku hanya diam dengan 1 barang maka usahaku juga akan segitu aja. hehe

PRINSIP USAHAKU

1. Menjual barang halal, tidak berbahaya dan bermanfaat

2. Menjual barang yang tidak dijual di desaku

3. Memberi unsur unik pada barang yang aku jual 

4. Menonjolkan perbedaan barang yang aku jual dengan barang di toko lain misal perbedaan harga

5. Melayani dengan sopan dan ramah (Kadang juga judes kalau terpaksa) hehe

6. Tidak memberlakukan sistem hutang/kredit untuk mencegah gulung tikar karena toko/counter sebelumnya tutup/bangkrut karena memberlakukan sistem hutang. Terkadang jika orang tersebut sangat membutuhkan baru saya izinkan menghutang dengan batas waktu. Jika tidak menepati janji maka untuk selanjutnya tidak lagi di berikan izin untuk berhutang. hehe (Bukan pelit tapi tegas)

7. Melayani pembelian/ komplain dengan sigap dan tidak lelet. Oleh sebab itulah pelangganku banyak yang bertahan karena jika mereka komplain dan memang kesalahanku maka barang akan segera aku ganti. 

8. Selalu memberikan promo-promo menarik dan diskon harga untuk pembelian dengan nominal tertentu

9. Memberitahukan kenaikan harga beberapa hari sebelum harga aku naikkan

10. Melayani pertanyaan meskipun tidak ada hubungannya dengan barang yang aku jual, selagi aku tahu dan bisa ya aku bantu. Misal ada yang tanya tentang kerusakan hp-nya dan aku mengerti maka aku bantu. Pelanggan akan betah jika kita mengetahui banyak hal yang dapat membantu pelanggan jadi mereka selalu punya alasan untuk datang ke toko kita. 

YANG AKU LAKUKAN UNTUK MENDATANGKAN PEMBELI

1. Menjual barang yang saat ini tidak dijual dan sedang dicari-cari banyak orang. Ini akan membuat orang-orang tertarik untuk datang dan membeli barang tersebut.

2. Karena aku punya mesin print jadi aku cetak beberpa lembar pengumuman daftar barang .harga dan diskon kemudian aku tempelkan di tembok-tembok sekitar rumah. hehe

3. Jika ada kesalahan misal pembelian pulsa gagal maka untuk uang akan langsung aku kembalikan dengan menghubungi nomor pembeli atau menunggunya lewat depan rumah.

4. Agar barang cepat habis, aku berlakukan beli 2 bonus 1 atau beli 3 dapat potogan harga dll,

5. Untuk pelanggan pulsa aku sediakan layanan simpan nomor hp, jadi jika mereka ingin membeli hanya tinggal memberikan uang saja tanpa perlu menulis atau mendikte nomor mereka lagi.

YANG AKU LAKUKAN SEHINGGA PELANGGAN PERGI

1. Memberlakukan dilarang berhutang membuat beberapa pembeli enggan datang padahal aku melakukan itu karena melihat pengalaman penjual sebelum aku. Karena orang sekitar desaku jika berhutang sulit untuk menagihnya. Mencegah lebih baik bukan. hohoho

2. Jika sedang datang bulan aku sulit mengendalikan emosi sehingga terkadang aku melayani pembeli dengan judes. 

3. Jika ada pembeli membeli dengan uang 50.000 sedangkan harga barang cuma 1000 maka uang aku kembalikan dan aku suruh bayar lain kali. Tapi sering kali gak balik sih. Bukannya mereka yang untung ya kok malah gak mau datang lagi. hehe

4. Aku buka toko mulai jam 07.00 am sampai 09.00 pm namun orang-orang ingin aku buka setelah subuh sampai jam 10 malam. ish ish ish 


Projeck selanjutnya adalah aku ingin mulai membuka usaha online. Doakan berhasil ya ^_^
Sekian cerita tentang usaha sederhanaku yang memang belum cukup besar penghasilannya namun sudah cukup untukku. Dari usaha sederhana inilah aku mendapatkan ide untuk menulis beberapa artikel di blog ini. Jangan lupa baca blog ku ya.

WIRAUSAHA YUK

Salam sukses

By Klenting Kuning

No comments:

Post a Comment