Like facebook kami

Friday 12 June 2015

TIPS AGAR ONLINE SHOP BERTAHAN DAN BERKEMBANG

Ini lanjutan dari artikel tentang online shop sebelumnya. Sebelum ini telah saya jelaskan beberapa singkatan/istilah dalam online shop serta syarat-syarat sebelum membuka online shop. Untuk yang belum membacanya bisa lihat di Bisnis online shop. Kali ini akan saya tuliskan beberapa tips agar online shop anda berjalan lancar dan dapat berkembang.

Hal-hal yang perlu anda lakukan adalah

1. PROMOSI
Promosi adalah hal terpenting agar bisnis online shop anda cepat dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan jumlah pembeli anda. Namun masih banyak para pengusaha online memprmosikan online shopnya terpaku pada 1 cara. Misal mempromosikannya hanya melalui facebook. Padahal banyak media online gratis seperti web,blog, medsos lainnya dan atau anda bisa membuat fanspage / grub di facebook anda. Ini memungkinkan anda mendapatkan pembeli lebih banyak karena tidak hanya terbatas teman facebook saja.
Selain itu buatlah web/blog semenarik mungkin dengan kata-kata yang mampu membius pembeli. Misalnya : Hari senin harga naik. hehe

2. PENGALAMAN
Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Kita dapat belajar kepada teman kita yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis online shop atau kita bisa belajar dari online shop yang sudah bertahan dan berkembang. Bisa anda cari di google.

3. SURVEY
Sebelum anda menjual barang/memilih barang apa yang akan anda jual. Lakukan survey dengan mencari tahu trend sekarang ini, apa yang banyak dicari, apa yang banyak dibutuhkan dan apa yang menarik minat pembeli.

4. RINCIAN
Buatlah catatan rincian barang yang akan jual,modal,layanan ekspedisi, ongkos kirim. media online yang akan digunakan, ide-ide kreatif , cara-cara menarik pembeli, dll. Catat semua dalam pembukuan anda (Usaha kan punya buku catatan untuk mencatat ide-ide kreatif anda)

5. PELAYANAN
Pelayanan adalah faktor utama yang mempengaruhi pembeli akan tetap menjadi pelanggan kita atau membeli di tempat lain. Pelayanan menentukan bertahan dan berkembangnya usaha kita
Untuk lebih jelasnya bisa anda baca di
Pelayanan buruk bisnis terpuruk
Mempertahankan dan mengembangkan usaha

By Klenting Kuning

No comments:

Post a Comment